Situasi Kaki dan Kaitannya Dengan Kesehatan

Kaki ialah organ penting sebab disanalah terdapat ribuan saraf yang terhubung pada segala organ pada tubuh manusia. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kondisi kaki bisa mendeteksi penyakit yang diderita seseorang.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kesehatan kaki mereka. Misalnya, kaki yang sembab secara tiba-tiba memberikan isyarat adanya gangguan kesehatan serius pada tubuh seseorang.

Berikut ini ialah alasan Anda patut memandang kondisi kaki untuk mengetahui ada tidaknya penyakit serius yang mengendap di tubuh:

1. Jempol kaki tiba-tiba sembab
Membengkaknya jempol kaki, bisa membuktikan bahwa Anda menderita penyakit asam urat. Ini ialah keadaan mahjong slot sulit yang sering kali terjadi pada laki-laki yang mengkonsumsi protein tinggi tetapi kekurangan asupan air. Bila Anda merasakan pembengkakan di komponen jempol coba atur kembali diet Anda dan rutin melakukan kegiatan lahiriah.

2. Kaki terasa dingin
Salah satu yang menjadi penyebab kaki Anda dingin ialah sebab adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Anda mungkin menderita hipotiroidisme, suatu kondisi dimana aliran darah ke kaki kurang atau terhalang. Bila mengalami hal ini, coba atur kembali pola istirahat Anda.

3. Bisul pada kaki
Jangan remehkan bernanah kecil pada kaki Anda, pasalnya hal ini menjadi tanda adanya diabetes. Bisul yang berwarna kemerahan ini bisa menyebabkan kaki menjadi mati rasa atau kebas. Bila tak kunjung sembuh karenanya sebaiknya periksa ke dokter, sebab itu bisa membuktikan Anda terdiagnosis diabetes ragam 2.

4. Wujud kuku berubah
Coba amati lagi, apakah ada yang berubah dari bentuk kuku Anda? Bila memang ada, Anda patut lantas memeriksakan kondisi jantung Anda. Perubahan bentuk kuku layaknya terkena pukulan atau lebam bisa menjadi tanda adanya gangguan yang berhubungan dengan cara kardiovaskular, paru-paru atau keadaan sulit pencernaan.

5. Menipisnya bulu jari kaki
Bulu-bulu pada jari terbukti bisa memberikan isyarat yang serius untuk kesehatan Anda. Hal ini mungkin tak kita sadari. Para ahli mengatakan bahwa tipisnya bulu jari kaki ialah tanda adanya penyakit pada pembuluh darah perifer.

6. Kuku kaki yang berlubang atau bercak-bercak
Kuku kaki yang berlubang ialah tanda dari psoriasis. Psoriasis ialah kondisi kulit kronis yang disebabkan oleh cara kekebalan terlalu aktif. Anda bisa mengobati penyakit ini cuma dengan obat-obatan semacam krim. Kaki Anda akan tampak meradang dan dihiasi dengan bercak putih.

7. Sendi jari kaki mengalami luka
Bila Anda merasakan rasa nyeri dan ada luka disekitar sendi kaki, bisa berarti Anda menderita arthritis. Banyak gejala yang merujuk pada penyakit ini, salah satunya ditandai dengan pembengkakan pada sendi dan jari-jari kaki.