Dermatitis Tangan pada Kekuatan Kesehatan

Kulit adalah organ yang rumit dengan banyak fungsi, salah satunya sebagai pelindung tubuh secara jasmani dan imunologis dari bahaya yang ada di lingkungan. Mencuci tangan adalah salah satu kesibukan yang sering dijalankan pada masa pandemi. Mencuci tangan terlalu sering dapat menyebabkan beragam perubahan tekstur kulit, dari kulit kering sampai dermatitis kontak iritan, dan dalam kasus yang jarang, dermatitis kontak alergi. Penyakit kulit ini disebabkan oleh kombinasi dari penyebab jasmani, farmakologis, dan imunologis. Kesudahannya, kulit sebagai garis pertahanan pertama kepada paparan bahan kimia termasuk sabun, deterjen, dan alkohol, dapat terjadi kerusakan. Hal ini berkontribusi kepada terjadinya dermatitis tangan, terpenting pada daya kesehatan. Dermatitis slot gates of olympus tangan adalah suatu jenis eksim atau dermatitis kontak pada tangan yang disebabkan oleh bahan iritan atau alergen. Dermatitis tangan adalah keadaan peradangan kulit tangan yang mempunyai efek merugikan bentang panjang pada mutu hidup seseorang dan dapat memunculkan beban ekonomi.

Pada tahap akut, sering terjadi bercak, bintil kemerahan, plenting berair, sampai bengkak di tangan. Padahal kulit bersisik, kulit retak, dan penebalan kulit adalah gejala yang sering dijumpai pada tahap kronis. Rasa gatal, terbakar, nyeri, gangguan tidur, dan gangguan emosional adalah beberapa gejala subjektif yang juga dapat dijumpai pada penderita dermatitis tangan. Dermatitis dapat disebabkan oleh elemen pekerjaan atau diluar pekerjaan. Dermatitis dapat mempengaruhi beragam jenis komponen tubuh, termasuk tangan. Menurut data epidemiologi, dermatitis tangan ditemukan pada 80-90% pasien dermatitis kontak akibat kerja (DKAK). Ada beberapa sumber bahan iritan di daerah kerja, termasuk senyawa alkali seperti sabun, deterjen, dan cairan pembersih.

Penggunaan larutan pembersih tangan sudah bertambah dengan cepat di semua dunia, dan beragam kasus akibat penerapannya sudah dilaporkan. Paparan bahan iritan dapat melemahkan fungsi sawar kulit dengan mengurangi zat lemak yang membentuk komponen terluar kulit yang berfungsi sebagai sawar kulit atau penipisan lapisan terluar kulit. Hal lain yang dapat menyebabkan dermatitis tangan adalah alergi. Dalam Beberapa besar kasus, paparan berulang pada bahan yang menyebabkan alergi akan menginduksi reaksi alergi yang lambat, di mana reaksi ini tak seketika terjadi pada saat paparan tapi dapat terjadi beberapa jam sampai beberapa hari sesudah paparan.

Terdapat banyak pilihan untuk menangani dermatitis tangan. Salah satu pendekatan yang dapat dijalankan adalah prosedur eliminasi, adalah menghilangkan paparan penyebab di daerah kerja. Hal ini sulit untuk dijalankan tapi adalah metode pencegahan yang paling tepat sasaran. Mengganti bahan berbahaya dengan bahan yang lebih tak iritatif juga dapat dijalankan. Sistem selanjutnya adalah isolasi dan kontrol secara teknis, yang adalah metode untuk menghindari kontak pekerja dengan bahan yang berbahaya. Kontrol administratif juga dapat dijalankan dengan merubah pekerjaan yang dijalankan, seperti merotasi staf ke tugas yang berbeda. Hal terakhir adalah perlindungan pribadi untuk melindungi pekerja, adalah dengan memberikan edukasi kepada pekerja perihal pengaplikasian alat pelindung diri yang memadai, seperti pengaplikasian sarung tangan yang ideal dan layak.

Menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, tangan harus dibersihkan dengan benar (termasuk kuku, sela-sela jari, dan pergelangan tangan) selama minimal 20 detik dengan air hangat dan sabun sesudah berada di daerah lazim, sebelum makan, sesudah batuk atau bersin, sesudah menerapkan kamar mandi, dan tiap-tiap kali tangan menonjol dekil. Untuk menghindari iritasi pada kulit, ada bagusnya Anda mencuci tangan dengan gerakan lembut. Sesudah mencuci tangan, pengaplikasian pelembab sungguh-sungguh penting untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah reaksi kulit lebih lanjut. Lotion atau krim pelembab dapat dioleskan beberapa kali sepanjang hari, terpenting sesudah mencuci tangan. Ada banyak jenis pelembab yang tersedia. Pelembap yang mempunyai kandungan jenis pelembap humektan dan oklusif sungguh-sungguh direkomendasikan. Pelembap humektan berprofesi dengan menarik air dari lingkungan dan lapisan kulit yang lebih dalam, sedangkan pelembap oklusif mencegah kehilangan air dan meminimalkan iritasi dari lingkungan. Sebelum menerapkan alat pelindung diri seperti sarung tangan, direkomendasikan untuk mencuci tangan dan menerapkan pelembap terpenting dahulu.