Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Terhindar dari Penyakit Pada Tahun 2024

Hakekatnya mengaplikasikan pelbagai cara menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal yang susah. Hanya saja, Anda wajib konsisten dalam melakukannya. Tak ini perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat dengan cukup dan olahraga secara teratur.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh
Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang direkomendasikan. Sebagian pola hidup sehat yang bisa Anda jalani adalah:

1. Konsumsi makanan sehat
Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi slot deposit qris makanan sehat setiap hari, termasuk makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein, Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telor, aneka tipe ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda bisa memperolehnya dari nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum.

Konsumsilah aneka tipe sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka tipe kacang-kacangan, serta paprika. Sayuran mengandung pelbagai tipe vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain sayuran, aneka tipe buah juga sangat bagus untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga sangat bagus bagi Anda yang sedang menjalani diet.

2. Olahraga secara rutin
Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah konsisten aktif bergerak dan rutin berolahraga. Olahraga tak hanya bagus untuk kesehatan, namun juga kapabel mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, sampai kanker.

Untuk menerima pelbagai tipe manfaat olahraga tersebut, direkomendasikan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan waktu selama 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

3. Jaga berat badan ideal
Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko pelbagai tipe penyakit. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker, rentan untuk diderita penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk mengendalikan berat badan, Anda bisa melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT).

4. Berhenti mengisap rokok
Bagi perokok, direkomendasikan untuk menghentikan tradisi mengisap rokok sedini mungkin. Mengisap bisa berbahaya kesehatan Anda. Selain tradisi mengisap rokok, hentikan pula tradisi mengonsumsi minuman memabukkan demi kesehatan tubuh.

5. Suplementasi bagi orang yang memiliki high-risk disease
Sekiranya Anda telah memiliki high risk-disease, seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru kronis, konsumsi suplemen tertentu bisa membenarkan situasi kesehatan dan memperkuat cara imun Anda, mencegah komplikasi, serta melindungi Anda dari penyakit infeksi. Tak ini berkat senyawa antioksidan yang banyak ditemukan pada suplemen, umpamanya astaxanthin.

Astaxanthin alami dikenal kapabel menangkal efek radikal bebas berlebih yang bisa merusak jaringan tubuh Anda, termasuk jaringan kulit dan organ dalam. Selain hanya itu, kemampuan astaxanthin dalam menangkal radikal bebas juga kapabel membantu memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Lindungi kulit Anda
Anda direkomendasikan untuk mengaplikasikan tabir surya, agar kulit terlindungi dengan bagus. Selain itu, gunakan pakaian berlengan panjang atau topi bertepi lebar dikala beraktivitas di luar ruangan, agar kulit konsisten terlindungi, sebab paparan sinar sang surya dalam rentang panjang tak hanya menyebabkan kulit terbakar, namun juga bisa meningkatkan risiko penuan dini dan kanker kulit.