Super Air Jet Tergelincir di Bandar Weda Bay, Dirut Buka-bukaan Penyebabnya

Pesawat Super Air Jet tergelincir ketika mendarat di Bandar Weda Bay di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, pada Sabtu 25 Mei 2024. Pesawat ini berangkat dari Bandar Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Pesawat Super Air Jet membawa 172 penumpang yang mendarat di Bandar Weda Bay, Desa Lelilief, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah. Kejadian sempat direkam video oleh warga sekitar yang melihat pesawat tersebut keluar dari landasan pacu Bandar Weda Bay sekitar pukul 14:00 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari menjelaskan, pesawat dengan nomor penerbangan IU-2180 dari Bandar Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara itu sudah melakukan layak dengan standar operasional produser yang berlaku.

Pada ketika pesawat Airbus 320-200 dengan https://covecasualrestaurant.com/ pendaftaran PK-STD ini mendarat di Bandar Weda pukul 14:00 WIT keadaan cuaca ketika itu sedang hujan. Sesudah pesawat mengatasi fase pendaratan, bagian depan pesawat melewati batas landas pacu.

Kami mensupport dan menghormati proses investigasi yang sedang dilaksanakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta berwajib lainnya,\\\”ujarnya dikutip dari Antara, Senin (27/5/2024).

Sebanyak 172 penumpang, kata Ari, semuanya sudah menerima layanan dan penanganan secara baik dan segala penumpang diwariskan dari pesawat dan dibawa menuju ruang tinggu di gedung terminal.

Ia juga menetapkan segala penumpang pesawat charter dan kru pesawat itu, dalam keadaan aman dan tak ada yang mengalami cedera.

\\\”Kami menyajikan permintaan maaf atas ketidaknyaman yang dialami oleh para tamu, serta berjanji untuk terus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi para tamu,\\\” katanya menambahkan.

Bandar Dhoho Kediri Siap Beroperasi, Super Air Jet Jadi Maskapai Pertama

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto menuturkan bahwa Bandar Dhoho Kediri, Jawa Timur siap beroperasi dalam waktu dekat. Sebelumnya, bandara anyar di Jawa Timur ini ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2023 lalu.

\\\”Pembangunan Bandar Kediri, ini InsyaAllah bisa dioperasikan lantas mungkin dan konstruksi 100 persen,\\\” kata Novie dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2023 di Kementerian Perhubungan, Jakarta Sentra, Rabu (20/12).

Novie menyajikan, ketika ini, waktu operasional Bandar Internasional Dhoho Kediri tengah menungggu hasil koordinasi antara PT Angkasa Pura I (AP I) bersama pihak maskapai. Tetapi, tak disebutkan secara pasti kapan waktu penyelesaian pembahasan koordinasi tersebut.

\\\”(Operasional) tinggal menunggu koordinasi antara operator, dalam hal ini Angkasa Pura I bersama dengan airline,\\\” ungkap Novie.

Novie menyebut, Super Air Jet akan menjadi maskapai pertama yang beroperasi di Bandar Internasional Dhoho Kediri. Nantinya bandara tersebut juga akan melayani penerbangan Haji dan Umrah.

\\\”Data yg masuk terakhir yaitu Super Air Jet ya beroperasi di sana dan ditargetkan tak terlalu lama. Kemudian pihak (bandara) Dhoho bersama AP I sedang berkoordinasi dengan internasional terutama untuk melayani haji dan umrah,\\\” pungkas Novie.

Sebelumnya, PT Gudang Garam Tbk disebut akan membangun jalan tol akses menuju Bandar Dhoho, Kediri. Ini jadi bagian jalan Tol Kediri-Tulungagung.